Kunjungan Asisten Lab MISDS ke Telkomsel : 13 Okt 2017

SEMANGAT PAGI! PAGI! PAGI! PAGI!

Pada 13 Oktober 2017, asisten laboratorium MISDS TIUI mengadakan Company Visit ke Telkomsel untuk mempelajari implementasi Customer Relationship Management di perusahaan tersebut.

Telkomsel menyatukan Indonesia, memajukan negeri membangun indonesia digital. Telkomsel yg berusaha bertanggungjawab untuk perkembangan telekomunikasi terutama di era digital Indonesia pada seluruh aspek kehidupan, yaitu sosial, ekonomi, pendidikan, gaya hidup, teknologi, lingkungan. CRM adalah strategi bisnis perusahaan yang mengelola pelanggannya untuk lebih loyal.

 

Channel yang Telkomsel gunakan adalah:

  • Assisted Channel: Grapari, internasional Grapari, mobile Grapari, call center, E-care
  • Self Service: My Telkomsel, My Grapari, IVR

 

Konsep CRM Telkomsel dikembangkan ke arah digital, dimana dikembangakan sistem yang mendukung service ke arah selfservice (cth: my grapari), virtual assistant dengan nama Veronica yang dikembangkan dengan artificial intelligent (AI), penyimpanan data di Cloud, danĀ  pembangun infrastruktur yang mendukung.

Social media lifestyle salah satu bagian dari assisted channel milik Telkomsel. Media sosial merupakan media untuk menghubungkan pelanggan dan Telkomsel. Selain itu, interaksi yang dilakukan di media sosial dapat menjadi masukan untuk meningkatkan pelayanan.

Perkembangan CRM dipengaruhi oleh perilaku pelanggan yang dituju. Saat ini, Telkomsel berfokus kepada masa pengembangan layanan self service channel.

 

Terima kasih Telkomsel atas pengetahuan yang dibagikan kepada asisten laboratorium MISDS!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *