Seminar Transportation Management

24 September 2016, dilaksanakan seminar yang diselenggarakan oleh Laboratorium Management Information System and Decision Support (MISDS) dengan mengangkat tema Transporation Management pada Oracle. Terdapat delapan puluh peserta yang memenuhi Ruang Chevron, gedung Dekanat Fakultas Teknik, Universitas Indonesia dimana peserta berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa Strata satu, mahasiswa Strata dua, ataupun peserta umum.

Seminar dimulai dengan sambutan dari Kepala Laboratorium Management Information System and Decision Support (MISDS), Dr. Ir. M. Dachyar M.Sc dan Bapak Ir.Johnson Tan, MSc Direktur PT. Optima Data Internasional, perusahaan konsultan Enterprise Resource Planning (ERP) ORACLE. Seminar dilaksanakan selama tiga jam dengan empat pembicara yang menjelaskan transportasi di Oracle dari pengenalan awal hingga ke bagian detail berupa form-form yang perlu diisi. Materi disampaikan oleh pihak Optima Data, di mana dua pemateri di antaranya merupakan alumni Teknik Industri Universitas Indonesia, yaitu Bapak Yudi Hariadi dan Ibu Yudhinta.
Transportation Management membahas mengenai perpindahan suatu barang, baik barang jadi, setengah jadi, maupun bahan mentah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Sistem yang terintegrasi di Oracle tersebut memungkinkan pengiriman barang yang dilakukan terlacak sudah sampai di lokasi tertentu. Selain itu, pengiriman yang membutuhkan penangan khusus, misalkan suhu tertentu yang stabil juga bisa dilakukan dengan mengisi form yang diperlukan.

Selain mengadakan seminar berupa materi, peserta seminar juga dapat mengikuti kompetisi foto kegiatan selama seminar dan mengunggahnya ke facebook, melakukan tanya jawab kepada ahlinya, berfoto di backdrop yang telah disediakan, makan siang, dan sertifikat.

Akhirnya, seminar dapat terselenggara dengan baik atas bantuan semua pihak yang terlibat. Semoga seminar yang dilaksanakan dapat menambah ilmu kita tentang Transportation Management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *