Kunjungan Ke Garuda Maintenance Facility (GMF)

Asisten Laboratorium Management Information System and Decision Support berkesempatan melakukan kunjungan ke Garuda Maintenance Facility (GMF), yang bertempat di Cengkareng, pada hari Kamis, 1 September 2016. Tepat pukul 9 pagi, Bapak Adhi, sebagai petinggi bagian IT dari GMF menjelaskan mengenai GMF secara umum dan Enterprise Resource Planning (ERP) yang diimplementasikan di GMF.

Visi dari GMF adalah “TOP 10 MROs in the world 2020”. Misi GMF adalah “to provide integrated and reliable aircraft maintenance solution for a safer sky and secured”. Pada tahun 2015 sendiri, GMF telah menempatkan posisi di ketujuh belas dunia dan memiliki target menjadi 10 besar dunia pada 2020 secara pendapatan. Langkah GMF untuk menjadi 10 besar dunia dilakukan dari segi bisnis, manusia, dan teknologi.

GMF menggunakan SAP sebagai sistem ERP mereka. Sistem SAP GMF juga dikelilingi sistem-sistem lainnya, mulai dari sistem yang mengelola supplier, masuk ke data center, hingga sistem yang mengelola hubungan ke konsumen dan sistem yang menghasilkan executive summary report untuk jajaran direksi. Executive summary report menghasilkan mobilitas yang tinggi kepada direksi ketika harus membuat keputusan yang tepat. Sistem IT GMF yang begitu baik pada saat ini pun dibangun dengan usaha keras selama 15 tahun.

Setelah melakukan sesi tanya jawab, asisten lab MISDS diajak berkeliling plant dimana pesawat dilakukan tindakan maintenance. Terima kasih atas kesempatan dari GMF untuk kunjungan aslab MISDS. Semoga semangat Garuda yang menegaskan bahwa keamanan merupakan yang utama dan bisnis yang kedua, bisa membawa Garuda menjadi yang terbaik di dunia.

Garuda Maintenance Facility Garuda Maintenance Facility
Garuda Maintenance Facility Garuda Maintenance Facility
Garuda Maintenance Facility Garuda Maintenance Facility

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *