Analytical Hierarchy Process (AHP) Workshop

Merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh laboratorium Management Information Systems and Decision Support (MISDS), Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Kegiatan ini berkategori sebagai workshop dimana peserta berasal dari PTS dan PTN yang berada di lingkup Jabodetabek. Workshop AHP diselenggarakan pada tanggal 19 April 2014 yang bertempat di Ruang Multimedia,Lt 2 Gedung Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia.

Pelatihan AHP 2014

Pelatihan AHP 2014

Tujuan dari workshop ini adalah untuk membuat peserta memahami cara mengambil keputusan dari setiap opsi yang kita punya atau ditawarkan yang mana intinya kita belajar bagaimana menjadi seorang decision makers. Secara singkatnya, hidup ini selalu ada pilihan dan beberapa pilihan harus diambil dengan melihat trade off yang akan kita dapatkan.

Kegiatan workshop pada kesempatan kali ini diikuti oleh 19 mahasiswa yang notabenenya berasal dari teknik industri itu sendiri. Acara dimulai dari tepat waktu  pada pukul 09.00 dan selesai pada pukul 15.00. Pada pukul 09.00-10.00, Kepala Laboratorium MISDS, Dr.Ir.M.Dachyar, Msc menyampaikan beberapa patah kata dan juga pengenalan akan tujuan dari workshop ini dan juga AHP itu sendiri. Pada pukul 10.00-12.00, sesi pertama dimulai dengan agenda pembawaan materi AHP yang disampaikan oleh saudara Novandra Rezza,ST.

Sesi kedua adalah pelatihan AHP menggunakan software yang bernama Expert Choice, dan di sesi yang merupakan inti dari kegiatan ini,  diarahkan/dilatih oleh beberapa asisten lab MISDS dimana yang bertindak sebagai operator dan pembawa materi training adalah saudara Bagus dan Reyhan, sedangkan tim asisten workshop ada saudari Bintang, Ratna, dan saudara Zaneta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *